Saya senang ada kontroversi dan diskusi mendalam tentang sebab jatuhnya pesawat air asia, walaupun sebetulnya penyebab pasti nanti setelah KNKT mengumumkan hasilnya.
Sebagai konsumen saya yakin ujung ujung dari diskusi itu baik dari sisi pemerintah selaku regulator, dari sisi maskapai penerbangan selaku pelaku dan dari sisi Airbus selaku produsen pesawat adalah perbaikan dan peningkatan keselamatan konsumen dunia penerbangan.
Air Asia selanjutnya pasti akan melakukan evaluasi untuk memastikan prosedur keselamatan ditingkatkan karena sekali jatuh pasti akan men down grade brand image nya dan menjatuhkan nilai maskapai penerbangannya.
Dari sisi kerugian pesawat dan asuransi penumpang mungkin akan dibayar oleh asuransi.
Dari sisi pemerintah selaku regulator pasti akan memastikan regulasi untuk keselamatan penumpang dipatuhi dan ditingkatkan baik dari sisi maskapai maupun bandara dan sdm nya agar tidak terjadi kecelakaan berikutnya, karena banyak instrumen dari pemerintah yang diyakini bisa mengakibatkan kecelakaan jika regulasi dan kualitasnya tidak baik.
Dari sisi airbus pasti selanjutnya akan jadi masukan karena jatuhnya pesawat produksinya pasti akan dipertanyakan orang sistim keselamatan yang dimiliki sehingga selanjutnya akan memperbaiki keselamatan pesawat generasi baru.
Kepada seluruh penumpang, kru pesawat dan keluarga izinkan saya mengucapkan duka yang mendalam. Saya yakin bahwa pilot dan kru pesawat lainnya berusaha menyelamatkan seluruh penumpang dan dirinya sendiri.
Saya selaku konsumen penerbangan yang hampir tiap minggu naik pesawat sangat mengkhawatirkan kondisi dunia penerbangan karena suatu saat bisa saja kami yang jadi korban jika tidak ada perbaikan yang signifikan.
Saya yakin dunia penerbangan sama seperti dunia kami, dunia medik, selalu ada hal yang tidak dapat diprediksikan sebelumnya walaupun sudah bekerja dengan standar tertinggi.
Saya yakin diskusi dan debat mendalam akan menghasilkan outcome yang bagus. Media massa tentu saja mendapatkan berita bagus. Saya yakin masih banyak media massa yang punya nurani sehingga derita keluarga korban tidak bertambah dengan pemberitaan ini. Ditengah meningkatnya rating media massa terutama televisi, saya kira tidak ada salahnya mereka berbagi keuntungan yang mereka dapat dari berita ini, ataupun jika tidak ada keuntungan anggap saja para korban dan maskapai adalah nara sumber yang selayaknya diberi bantuan.
Salut saya yang tertinggi kepada para personel, institusi, negara yang terlibat dalam evakuasi korban dan pesawatnya, mudah mudahan pengorbanan mereka mendapatkan imbalan yang layak dari Allah SWT. #prayforairasia.
*dari wall fb Patrianef Patrianef
0 Response to "Ini Harapan Konsumen Penerbangan"
Posting Komentar