Hassan, Remaja Rohingya Paling ‘Berjasa’ di Mata Dokter & Relawan


Bahasa yang berbeda menjadi kendala utama bagi para tim medis dalam menangani para pasien pengungsi Rohingya dan Bangladesh di Aceh. Hanya ada satu orang yang fasih berbahasa Inggris, yang akhirnya digunakan sebagai penerjemah para dokter serta relawan.

Adalah Muhammad Dul Hassan, warga Rohingya yang diselamatkan dari kapal di Kuala Langsa yang kini menjadi penghuni tetap salah satu bangsal di Rumah Sakit Kuala Langsa. Dia ditugaskan oleh para dokter untuk menjadi penerjemah pasien dari Rohingya atau Bangladesh.

Peran Hassan sangat penting, saking pentingnya dia kini mendapatkan tempat tidur khusus di rumah sakit tersebut.

"Setiap hari Hassan membantu di sini, hanya dia yang bisa berbahasa Inggris," ujar Yahrini, kepala perawat di RS Kuala Langsa lansir CNN Indonesia, Kamis (21/5).

Dalam setiap kunjungan dokter, remaja 17 tahun itu mendampingi dan menerjemahkan keluhan para pasien. Kebanyakan menderita penyakit pencernaan atau luka pada tubuh. Pekerjaan ini dilakoninya sejak mendarat di Aceh Jumat pekan lalu.

"Saya tidur di sini setiap malam dan membantu dokter menjelaskan keluhan," kata Hassan.

Juru bicara RS Kuala Langsa, Arwinsyah, mengatakan saat ini ada 57 yang tengah dirawat karena berbagai penyakit. Salah satunya adalah remaja wanita berusia 15 tahun yang tengah hamil tujuh bulan.

"Dia mengatakan suaminya dibunuh," kata Arwinsyah. Tidak diketahui apakah suaminya dibunuh di Myanmar atau di atas kapal.

Kemarin, balita Rohingya berusia tiga tahun bernama Shahera Habibi meninggal dunia akibat tetanus. Menurut Arwinsyah, saat baru tiba di RS pekan lalu kondisi Shahera sudah parah, kejang-kejang dan kaku.

"Dia dimakamkan di pemakaman rumah sakit," ujar dia.

Selain menjadi penerjemah di rumah sakit, Hassan juga kerap dipakai kemampuannya untuk mendampingi relawan atau wartawan. Pasalnya, tanpa Hassan petugas bantuan hanya menggunakan bahasa isyarat karena hampir sebagian besar pengungsi tidak bisa bahasa Inggris atau Melayu.

Karena jasanya, Hassan mendapatkan sejumlah uang dari dokter dan para relawan. Uang ini digunakannya untuk membeli handphone. Setiap hari, digunakannya ponsel itu untuk menelepon ibunya yang masih berada di kamp pengungsi Nayapara di Bangladesh.

"Saat pertama kali menelepon ibu, beliau mengira saya sudah tewas, karena tiga bulan tidak beri kabar," ujar anak kedua dari lima bersaudara ini.

Hassan mengatakan bahwa saat ini ayahnya bekerja di sebuah rumah sakit di Arab Saudi. Ditanya apakah ia berharap tinggal, siswa kelas 9 ini mengaku manut pada keputusan pemerintah Indonesia.

"Jika saya diminta tinggal maka saya akan tinggal, jika tidak saya akan patuh," kata dia.

Sumber: CNN


0 Response to "Hassan, Remaja Rohingya Paling ‘Berjasa’ di Mata Dokter & Relawan"

Posting Komentar