Komunitas WNI di Swiss Unjuk Rasa Tagih Janji Jokowi Di Gedung PBB


JENEWA - Demonstrasi yang ditujukan untuk menagih janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) menular ke Swiss.

Seperti tidak mau ketinggalan rekannya di Tanah Air, warga negara Indonesia di Swiss berunjuk rasa di Jenewa, Swiss Barat, Sabtu (23/5). ”Kita akan orasi di depan Gedung PPB Jenewa, tepatnya di depan monumen Broken Chair,” tutur Pendy Pardi, koordinator aksi.

Mengapa tidak mendemo KBRI Bern atau Perwakilan Tetap Republik Indonesia di Jenewa? ”Kami ingin dunia internasional juga tahu bahwa Jokowi hanyalah politikus cetakan partainya,” kata Pendy Pardi.

Ada beberapa tuntutan yang disampaikan antara lain kembalikan subsidi rakyat, bukan malah mensubsidi pejabat, selamatkan KPK, jangan jual NKRI, hingga soal pembasmian mafia hukum. ”Kami mendemo Jokowi karena dia tidak menepati janji-janji selama kampanye,” imbuh Pardi.

Demo di Swiss bukanlah perkara mudah. Kesulitan utamanya adalah mencari massa. Selain faktor kesibukan pekerjaan, juga karena waswas sebagai pendatang. Apalagi, warga Indonesia di Swiss tergolong sangat taat, bahkan terbilang takut dengan hukum. ”Kalau waswas tentu ada. Tapi, kami memang ingin agar Jokowi menepati janjinya,” ucap Pardi.

Agar tidak terjadi insiden yang tak diinginkan, sejak sebulan sebelumnya Pardi sudah mengurus izinnya. Syaratnya mudah yakni menulis surat ke Polda Jenewa, sambil menyertakan KITAS di Swiss. ”Kami akhirnya dapat izin demo meskipun hanya dua jam,” akunya. Rachel Schmid, pendukung Jokowi, menyambut baik demo ini. ”Malah bagus agar Pak Jokowi tetap ingat akan janjinya semasa kampanye,” kata Rachel.

Dalam demo yang berlangsung tertib, massa demonstran membentangkan berbagai spanduk, diantaranya "TURUNKAN JOKOWI". Massa juga meneriakkan yel yel "Jokowi Mana Janjimu".

Aksi demo ini juga diunggah ke Youtube. Klik: https://www.youtube.com/watch?v=mZwe43yKg9I

Demo tersebut, adalah demo kedua yang terbilang resmi dilakukan komunitas Indonesia di Swiss.

Sebelumnya, tepatnya setahun silam, komunitas Indonesia Swiss lainnya juga berdemo untuk menuntut penghapusan hukuman mati bagi Satina, buruh migran di Arab Saudi. Unjuk rasa sebelumnya bersifat tidak resmi dengan pendemo lainnya. (Sumber: Sindo dan komunitas Indonesia Swiss)

0 Response to "Komunitas WNI di Swiss Unjuk Rasa Tagih Janji Jokowi Di Gedung PBB"

Posting Komentar