Jaga Sunah Rasul, Raja Salman Kemana-mana Kantongi Siwak di Saku Baju


Penguasa Arab Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz selalu membawa 'siwak' yang ditaruh di kantong bajunya.

Siwak adalah Sunah Rasulullah SAW yang sangat ditekankan.

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : (( لَوْلَا اَشُقَّ عَلَى اُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِا السِوَاكِ عِنْدَ كٌلِّ صَلَاة )) وفي رواية (( مَعَ كُلِّ وٌضُوء )) رواية البخاري و مسلم

Bersabda Rasulallah SAW: "Seandainya tidak memberatkan pada umatku maka aku akan perintahkan (wajibkan) mereka untuk memakai siwak setiap kali akan melaksanakan sholat." [riwayat Al Bukhory dan Muslim], didalam riwayat lain "Setiap kali akan berwudhu".

Dengan hadits ini, hukum memakai siwak sebelum sholat/berwudhu bukan wajib tapi sunnah.

 قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ((السِوَاك مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ, مَرْضَاةٌ للرَّبِّ, ومَجْلَاةُ للبَصَرِ)) وفي رواية ((مبغض للشيطان)) رواية البخاري

Bersabda Rasulallah SAW: "Siwak itu adalah pembersih mulut, dan di siwak itu ada keridho’an ALLAH SWT, dan dapat menerangkan penglihatan ” [riwayat Al Bukhory], didalam riwayat lain “dan di siwak itu ada kebencian syaithan”.

 قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ((فَضْلُ الصَلَاةِ بالسِوَاكِ عَلَى الصَلَاةِ بِغَيرِ سِوَاكِ سَبْعِينَ ضِعْفًا)) رواية أحمد و اين خزيمة و الحاكم

Bersabda Rasulallah SAW: "Keutamaan sholat memakai siwak atas sholat yang tidak memakai siwak, tujuh puluh kali lipatnya." [riwayat Ahmad, dan Ibn Khuzaimah, dan Al Hakim].

***

Foto-foto yang memperlihatkan Raja Salman selalu membawa siwak diaplod oleh akun Waseem Ibn Ibrahim di laman facebooknya pada 25 Mei lalu dengan tulisan:

ملك سلمان بن عبدالعزيز آلسعود حفظه الله مع سواك

الله اكبر الله اكبر الله اكبر

ماشاءالله ماشاء الله ماشاء الله

(Raja Salman bin Abdul Aziz Assuud hafidhohullah -semoga Allah menjaganya- bersama siwak. Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar. Masya Allah Masya Allah Masya Allah)

0 Response to "Jaga Sunah Rasul, Raja Salman Kemana-mana Kantongi Siwak di Saku Baju"

Posting Komentar