Anis Matta Bersama Jajaran DPP PKS Gelar Nobar Film 'Tjokroaminoto'




Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, bersama jajaran pengurus DPP PKS adain acara nonton bareng (nobar) film Guru Bangsa Tjokroaminoto, di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (16/4).



Anis Matta mengatakan, Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto memiliki dua peran besar dalam sejarah Indonesia. Pertama, kata Anis yaitu sebagai guru bangsa.



"Beliaulah yang menyatukan antara ide nasionalisme dan keislaman. Bahkan sebelum Indonesia lahir sebagai sebuah bangsa, dan ide tentang kebangsaan digarap oleh beliau," kata Anis sesaat sebelum nonton bareng film Guru Bangsa Tjokroaminoto, di Plaza Senayan, Jakarta (16/4).



Kedua, lanjut Anis, peran terbesar Tjokroaminoto adalah mengkonsolidasikan elit baru Indonesia.



"Seperti yang kita tahu sejarah di Indonesia, elit-elit baru Indonesia itu biasanya datang dari kaum terpelajar. Biasanya juga dibayang-bayangi oleh para pedagang pribumi. Nah elit-elit baru Indonesia yang muncul dari dunia pendidikan ini kemudian dikonsolidasi oleh Pak Tjokroaminoto dalam satu ide tentang Indonesia, sebuah bangsa baru, sebuah negara baru," papar Anis.



Acara nobar film Tjokroaminoto ini juga dihadiri Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini, serta kru film Tjokroaminoto. Acara ini juga disarankan oleh Presiden PKS Anis Matta untuk menjadi menu bagi kader partai yang bulan April 2015 ini berusia 17 tahun, di berbagai wilayah lainnya.

0 Response to "Anis Matta Bersama Jajaran DPP PKS Gelar Nobar Film 'Tjokroaminoto'"

Posting Komentar